Tuesday, July 13, 2010

Animasi Form Transparan Tutorial Delphi

Pada Tutorial Delphi Kali Ini saya akan membahas tentang Animasi Form Transparan Tutorial Delphi dimana pada sebelumnya saya telah membahas tentang fungsi dari masing masing operation dimana pada Delphi 6 sampai dengan versi yang terakhir saya belum tw untuk saat ini saya hanya tahu Delphi versi 7.0.

Animasi Form Transparan Tutorial Delphi
Delphi versi 6 keatas sudah menyediakan fungsi/properti untuk mengubah transaparansi form.
nilai ini mulai dari terang(transparan) sampai gelap(tidak transparan). Nilai gelap dan terang ini ditampung dalam sebuah properti, Sedangkan untuk mengaktifkan fungsi ini ada pada properti Untuk simulasinya kita gunakan sebuah komponen TrackBar, dengan komponen ini kita akan mengubah nilai alphablend dengan menggerakan TrackBar tersebut

Berikut Listing Programnya:

unit Unit1;

interface

uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls, ComCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
TrackBar1: TTrackBar;
Label1: TLabel;
procedure TrackBar1Change(Sender: TObject);
procedure FormShow(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}


procedure TForm1.TrackBar1Change(Sender: TObject);
begin
form1.AlphaBlend:=true;
form1.AlphaBlendValue:=TrackBar1.Position;

end;

procedure TForm1.FormShow(Sender: TObject);
begin
TrackBar1.Max:=255;
TrackBar1.Position:=230;
end;
end.

Gimana Mudah Dan Sedikitkan Kalau Kita Sudah Tahu He..He...Saya Yakin Teman Teman Semua Bisa Melakukan Hal Seperti INi Karna Saya Pun Yang Tidak Pintar Bisa Melakukan Seperti INi He...

Saran Dan Kritik Anda Sangat Membantu Saya Dalam Menulis Artikel Selanjutnya Pada Blog Ini...