Wednesday, March 14, 2012

Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Rusak

Hardisk 300x300 Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Rusak Tutorial Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Rusak 
External disk rusak tanpa sebab yang jelas?,yah itulah topik siang ini yaitu Cara Memperbaiki Hardisk External Yang Rusak ����. Satu hal yang sangat berbahaya tentunya, biasanya orang menggunakan external disk itu sebagai tempat membackup data dari komputernya, bagaimana kalo tempat backup kita sendiri gampang rusak tanpa sebab yang jelas ya?�.. bukankah itu sebuah masalah yang besar.

Satu External disk ber merk Fujitsu, dan yang satu lagi ber-merk Segeate, keduanya punya masalah yang sama, ketika kita hubungkan ke computer menggunakan kabel usb, hardisk itu bisa di ditect, karena masih terdengar bunyi, yang menandakan windows menditeksi adanya hardware baru yang terpasang di computer, tapi ketika saya buka windows explorer, saya tidak dapat menemukan drive untuk external disk tersebut, jadi saya cari di disk management, dan saya menemukannya, saya coba buka, dan menghasilkan error. Saya agak lupa error yang di keluarkan oleh windows, tapi kira-kira errornya �can not perform this because inpage error�.


Setelah saya cabut dan pasang externad disk ke computer beberapa kali, tetapi selalu keluar error yang sama, truss saya coba buka dengan command promt tetapi tetap keluar error yang sama. lalu saya copy errornya dan paste ke mbah google /a>, keluar list-list forum yang punya masalah yang sama, dari beberapa forum, dapatlah 1 dimana ada yang bisa memecahkan kasus tersebut, walaupun dengan cara yang aneh,����.Aneh?

Iya gimana gak aneh, dia punya masalah dengan external disknya, ketika dia masukan ke laptopnya, external disk tersebut gak bisa terdiktek, jadi dia cabut dia masukan ke desktop dan dia biarkan seminggu, akhirnya terbuka juga, he..he�he..he..he,
Tapi saya gak mungkin ngomong ke orang yang punya external disk tersebut, external disk ini harus di pasang di desktop selama seminggu, pasti dia akan mikir aku gak mo ngerjain punya dia dan cari-cari alasan.

Jadi saya lanjutin cari-cari di forum yang di sarankan ama mbah google /a>, dan akhirnya dapat juga, orang yang hanya menggunakan tool chkdsk windows untuk memperbaikinya, ya saya coba aja pake tool itu, dan ternyata bekerja, saya bisa mengakses ke external disk, langsung saya backup datanya, dulunya pake chkdisk Cuma untuk mengecek apa ada bad sector di hardisk atau tidak, rupanya dia juga bisa untuk memperbaiki hardisk.

Catatan untuk penggunaan chkdsk :
Chkdsk <drive anda atau path dimana folder/filename yang akan anda pebaiki> [/F] [/V] [/R] [/X] [/i] [/C] [/L[: Size]]
/F = option untuk memperbaiki error pada disk
/V = untuk Fat/Fat32: menampilkan path dan nama dari semua file.
Untuk NTFS: menampilkan semua pesan cleanup
/R = memindahkan bad sector dan mengrekover informasi yang bisa di baca.
/L:size = hanya untuk NTFS: mengubah ukuran file log ke nilai tertentu dalam kolibyte, j jika nilainya tidak jelas, maka akan menampilkan ukuran yang sekarang.
/X = memaksa untuk mengdiskmount dulu jika penting. Semua yang terbuka akhirnya
Akan gagal.(gunakan option /F)
Klo ada yang kurang tolong ditambahkan, ya klo ada salah tolong diperbaiki, maklum bukan expert
Di bawah ini adalah link-link forum yang saya kunjungin, tidak semua sih, soalnya terlalu banyak untuk saya cantumkan he..he..he.
http://www.hardwareanalysis.com/content/topic/47189/?o=20
http://www.wilderssecurity.com/showthread.php?t=158047
http://www.tomshardware.com/forum/224954-32-trouble-quot-error-performing-inpage-operation-quot
http://forums.cnet.com/5208-6127_102-0.html?forumID=9&threadID=104879&messageI
Selingan Tutorial Blog : Cara Membuat Burung Twitter Terbang Di Blog
 sunmber : http://www.cosarosta.com/cara-memperbaiki-hardisk-external-yang-rusak/
Rating:4.5