Saturday, December 17, 2011

Tutorial Cara memperbaiki MBR Error di Windows 7, Vista, dan XP

Tutorial Cara memperbaiki MBR (Master Boot Record) Error di windows, Memperbaiki error MBR di Windows 7, Vista dan XP, Hmmm,, Jika sistem kita MBR nya rusak/korup karena virus atau komputernya tiba - tiba mati (listrik padam, dll) bisa menjadi salah satu penyebab MBR di harddisk menjadi rusak. Dan sistem di komputer tidak bisa dimuat dan terjadilah error MBR yang kesalahan muncul seperti ini:
  • Error in loading operating system
  • Missing operating system
  • Invalid partition table
Kita juga bisa mendapatkan error diatas karena dikomputer kita mempunya 2 atau lebih sistem operasi dan jika kita menghapus salah satu sistem operasi di komputer kita (seperti windows 7 dan linux misalnya), Karena tidak ada boot loader dari sistem operasi maka akan menghasilkan salah satu dari pesan kesalahan tersebut di atas.
Dan jika komputer pas waktu dihidupkan muncul error seperti salah satu diatas, besar kemungkinan telah terjadi kerusakan di MBRnya. Bila komputer pertama kali dihidupkan program pertama akan memuat BIOS (Basic Input Output System). BIOS juga membutuhkan alamat memori dari mana ia dapat memuat program Boot yang dikenal sebagai MBR (Master Boot Record) atau Master Boot Sektor atau Boot Sektor yang memulai pengolahan lebih lanjut. Lokasi yang tepat dari boot record yaitu di silinder 0, head 0 dan sektor 1 yang merupakan ruang pertama yang tersedia pada harddisk. MBR berisi semua informasi yang diperlukan untuk loading sistem operasi.
Kadang pengguna mempunyai fikiran jika MBR yang rusak itu maka harus dilakukan penginstall ulang windows nya, ini tidak sepenuhnya diperlukan install ulang windows, dikarenakan kita cukup memperbaiki saja MBR yang rusak ini, adapun langkah2 untuk memperbaiki error MBR di windows:
Cara memperbaiki MBR di windows XP:
  1. Pertama Restart komputernya, kemudian masukan CD/DVD windows XP ke CD-Rom drive ( kalo ada flashdisk yang berisi windows xp juga bisa dipakai sebagai pengganti CD/DVD )
  2. Setelah proses booting dimulai pilihlah opsi dibawah cukup tekan tombol huruf R, untuk mulai memperbaiki windows.
  3. Memperbaiki MBR
  4. Setelah Recovery Console nya muncul, tekan angka 1 (sesuaikan dengan instalasi windows masing2) dan tekan Enter, Masukkan password Administrator jika ada, jika tidak ada password cukup menekan tombol Enter.
  5. MBR Fix
  6. Setelah kita berada pada mode Command Prompt, ketik perintah: fixmbr dan tekan Enter, MBR kita akan diganti dengan MBR yang baru, Kita juga bisa mengetikkan perintah: fixboot, untuk memperbaiki boot sector yang rusak.
  7. Catatan: Pastikan hanya satu operating sistem saja yang terinstall didalam komputernya jika menjalankan perintah2 diatas, jika ada lebih dari 1 operating sistem dan kita menjalankan perintah fixmbr dan fixboot dapat mengacaukan sistemnya.
Cara memperbaiki MBR di windows 7 dan Vista:
  1. Masukkan CD/DVD windows 7 atau vista kalian ke Cd-Rom drive dan boot dari CD/DVD ( kalo ada flashdisk windows 7 atau vista bisa digunakan untuk menggantikan boot dari CD/DVD )
  2. Pilih Bahasa (language), Time (Waktu), mata uang (currency) dll, dan klik tombol Next, kemudian klik pada �Repair your computer
  3. Tutorial Perbaiki MBR
  4. Pilih opsi memperbaiki (repair) sistem operasi dan klik tombol Next, sekarang didalam jendela System Recovery Options nya pilih Command Prompt.
  5. Untuk Windows Vista didalam command prompt nya jalankan perintah : bootrec.exe diikuti dengan menekan tombol Enter
  6. Untuk Windows 7 didalam jendela command prompt ketikkan perintah: bootsect /nt60 C:\, dengan catatan windows nya terinstall dipartisi C:, sesuaikan perintah jika windowsnya tidak terinstall di partisi C:
  7. Setelah Selesai, silahkan keluarkan CD/DVD nya kemudian restart komputernya.
Selesai, sekarang Windows kita akan booting dengan normal seperti semula. Semoga Tutorial ini bermanfaat,,, btw and the way,, xiiixiix jangan lupaa dishare... :)
sumber : hong.web.id