Saturday, December 31, 2011

KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia Online

KBBIKBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia Online - halo sobat allshare, kali ini allshaer mau posting tentang KBBI nih, silahkan disimak postingan nya ya :) Kamus besar bahasa indonesia atau yang biasa disingkat KBBI adalah rujukan yang sanat penting. Setiap ada permasalahan kata, maka KBBI adalah solusi yang tepat. Biasanya dirangkut berdasarkan kongres bahasa Indonesia, kalau allshare nggak salah ingat kamus kali ini adalah dari kongres V tahun 1988.
Bukan hanya sekedar rujukan, kamus besar juga sangat berfungsi untuk menjadi sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Bahkan juga sumber hukum, karena bagaimanapun juga undang-undah di Indonesia dibuat berdasarkan bahasa Indonesia.
Maka daripada itu, itulah pentingnya KBBI. Kita bisa mengetahui arti sebenarnya dari sebuah kata. Jadi walaupun kita berada di wilayah yang berbeda dengan waktu yang berbeda. Arti dari setiap kata akan selalu sama di Indonesia, menurut kamus besar.
Bagi kamu yang punya Internet sebenarnya tidak perlu membeli Kamus Besar Bahasa Indonesia yang pastinya berharga mahal. Lihat aja tebal bukunya, gedhe banget bukan. Maka daripada itu lebih baik pakai KBBI Online.
Daftar Situs �Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)�  Online :
  1. http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/
  2. http://kamusbahasaindonesia.org/
Yang pertama adalah situs pemerintah, tapi kok sayang, beberapa bulan terakhir ini nggak bisa diakses. Mungkin karena kekurangan duit kali ya jadi nggak bisa membiayai hostingnya. Sayang sekali padahal KBBI adalah hal yang sangat penting. Untungnya allshare menemukan situs bagus walau sepertinya bukan milik pemerintah yang menyediakan akses ke KBBI.
Walau bukan situs pemerintah, situs kedua tersebut mengambil berdasarkan naskah asli Kamus besar bahasa Indonesia. Jadi tidak terlalu masalah dengan keakuratannya.
Untuk menggunakan situs2 KBBI  tersebut, sebenarnya sama saat anda menggunakan Search Engine seperti google. Cukup ketikkan kata kunci yang ingin kamu cari lalu tekan tombol. Selesai, kamu akan mendapatkan arti kata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semoga membantu dan bermanfaat ya kawan!!!