Monday, December 26, 2011

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Time Line | Fitur Timeline

facebook-timelineKelebihan dan Kekurangan Facebook Time Line | Fitur Timeline | Ada banyak kelebihan dari Facebook Timeline, diantaranya adalah Timeline akan membuat halaman profil Facebook kita lebih menarik dan terlihat berbeda.Timeline akan memperlihatkan history kegiatan kita selama ber-Facebook ria. Dari ketika menggunakan sebuah aplikasi, mengupdate status dan lain-lain. Dan ternyata fitur ini justru banyak dibenci oleh pengguna Facebook. Alasannya adalah dengan adanya fitur ini, orang-orang jadi lebih mudah menelusuri jejak riwayat update status yang kita lakukan.
Seperti telah dilansir oleh Slashgear, dari hasil survey yang dilakukan pada pengguna muda facebook yang berumur antara 13 s/d 17, 90 % responden menyatakan kurang suka dengan Fitur baru tersebut dan bahkan mereka berjanji akan menutup akun Facebook mereka selamanya dan mereka ingin segera pindah ke Google+ yang lebih sopan dan rapi, dan sisanya akan mencoba fitur baru tersebut.
Fitur lainnya yang banyak membuat orang tidak suka adala bila sekali saja kita mengaktifkan fitur ini maka Facebook kita tidak akan tampil seperti semula. Facebook sendiri melalui juru bicaranya mengatakan bahwa tak ada jalan untuk mengembalikan tampilan ke awal setelah menggunakan fitur Timeline. Selain itu, bagi mereka yang belum memakai fitur ini, akan secara otomatis terupdate.
Tampilan Facebook Timeline memang jadi lebih menarik dibanding sebelumnya. Seperti blog, kita juga bisa memasang foto untuk dijadikan header tampilan Facebook. Untuk foto sendiri bisa kita ambil dari album yang sudah ada atau mengambil foto baru lewat kamera.
Namun demikian, kenikmatan melihat-lihat album-album dan aktivitas kita yang telah lalu di jejaring sosial itu tentu akan menghabiskan bandwidth internet kita karena seluruh foto, album yang kita upload dan aktivitas-aktivitas lain akan diload di Timeline tersebut.
Dibalik kekurangan dari Facebook Timeline yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan adanya fitur ini, diantaranya adalah:
  1. Mendesain latar belakang/themes profil facebook timeline kita sama seperti twitter
  2. Berbagi aktivitas terbaru lewat fitur Activity log
  3. Berbagi kiriman, foto, dan peristiwa penting yang paling berkesan pada timeline/kronologi.
  4. Mengekspresikan diri kita kesesama pecinta film dan lagu serta membagikan info terbaru yang bisa dilihat oleh semua pecinta film dan lagu tersebut
  5. Fitur pengaman untuk mengamankan data pribadi dari kejahatan dunia virtual/maya.
Demikian sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan Facebook Timeline yang bisa allshare bagikan hari ini. Semoga bermanfaat ya kawan ;)