Thursday, December 15, 2011

Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Cara Mengatasi Nyeri Sendi | tips kesehatan kali ini mengulas Cara Mengatasi Nyeri Sendi,Nyeri sendi adalah salah satu gejala yang timbul karena penyakit rematik sendi. Dan penyakit rematik sendi yang paling sering terjadi adalah osteoarthritis. Osteoarthritis paling sering terjadi pada sendi penopang tubuh seperti sendi lutut, sendi pinggang, sendi tulang belakang, dan juga dapat terjadi pada sendi jari-jari tangan. Seringkali nyeri sendi timbul saat berolahraga atau melakukan kegiatan sehari-hari seperti naik tangga, berjalan, dan sebagainya. Nah, kalo udah kaya gini sebaiknya anda mulai perhatian pada tubuh anda tentunya dengan obat tradisional nyeri sendi. Janganlah anda terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang justru menimbulkan efek pada diri anda.
Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Keluhan lainnya yang sering dirasakan oleh penderita nyeri sendi adalah seperti kaku sendi terutama saat pagi hari dan gerakan sendi menjadi lambat atau terhambat. Beberapa diantaranya nyeri datang bersamaan dengan gerakan tertentu sehingga kegiatan yang biasa dilakukan perlu dihentikan. Anda memang harus mengobati penyakit nyeri sendi ini agar tak berlarut-larut dan anda akan sering merasakan sakit. Tak harus selalu minta resep dokter karena disekitar kita pun banyak ditemukan tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional untuk nyeri sendi.

Gangguan pada sendi sungguh menyusahkan karena membuat penderitanya tak leluasa beraktivitas. Nah, mulai sekarang kalahkan gangguan itu dengan songgolangit.Tanaman ini juga kaya akan kandungan zat mineral di antaranya kalium (K), magenesium (Mg), dan kalsium (Ca) yang baik untuk menjaga kondisi tulang dan jaringannya. Tepatlah jika songgolangit digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa nyeri, kaku, dan pembengkakan di persendian karena kadar asam urat, memperbaiki metabolisme fungsi hati dan ginjal, serta meningkatkan stamina tubuh.

Saat ini diketahui terdapat tiga zat aktif pada songgolangit: flavanoid tanin, saponin tanin, dan flavonoid saponin. Flavanoid tanin bersifat menyejukkan dan menghilangkan rasa nyeri rematik pada tulang dan pinggang. Saponin tanin berguna sebagai antiradang, anti alergi, peluruh kencing, pereda sakit, dan penurun asam urat. Yang terakhir, flavonoid saponin, juga bersifat analgesik.

Untuk mengolah songgolangit menjadi minuman berkhasiat sangat mudah. Daun yang sudah dipetik dicuci bersih. Rebus dalam air sebanyak 250 ml hingga tersisa 200 ml, lalu saring. Ia dapat diminum dalam kondisi hangat maupun dingin karena sama-sama berkhasiat. Bagi penderita rematik dan asam urat diminum sehari dua kali masing-masing 1 gelas minum. Ia juga aman bagi yang sehat, bahkan berkhasiat sebagai penambah stamina.

Percaya tidak bahwa bumi tempat kita berpijak dan dilahirkan ini menyimpan sejuta kekayaan termasuk obat alami. Faktanya, tanaman yang selama ini tidak kita perdulikan dan cenderung kita abaikan karena merupakan suatu gulma ternyata bisa menjadi obat mujarab untuk nyeri sendi. Kalau kita mau mencari dan mempelajari di alam sebenarnya masih banyak tanaman lain yang bisa digunakan sebagai obat tradisional nyeri sendi ini. (Referensi : http://obatradisional.info)