Friday, September 23, 2011

Niche Blog | Apa itu Niche ?

Niche Blog | Apa itu Niche ? - Kalau anda sudah menyelami dunia blogging, mungkin anda pernah mendengar kata "Niche" Blog. Sebenarnya apa sih itu Niche Blog ?? Sejenis Makanan Ringan ? atau minuman Ringan ?? atau mungkin Nama Blog ??. Kalau anda sudah bingung, dan amat teramat bingung , allshare zone akan memberi tahu penjelasan mengenai Niche Blog. 

Secara Sederhana, Niche adalah 
sesuatu yang terfokus atau spesifik
jadi, Kalau disimpulkan, Niche Blog / Blog Niche adalahBlog yang khusus dan terfokus pada sub-kategori yang lebih spesifik (segmen) dari sebuah topik umum.

 Misalkan, Anda Membuat Blog yang khusus membahas Software, maka seluruh topik bahasan anda adalah Software dan hal lain yang berhubungan dengan software.

Kalau Blog ini, Niche nya gak jelas/Ngambang. xixixiix... Klau kamu .... ?? :)

5 Sifat Blog Niche yang sukses.
1. Materi yang amat-sangat Fokus. Blog niche memiliki materi dengan fokus yang sangat sempit dan semua artikel/postingnya sangat terkait dengan ceruk (niche) tertentu
2. Cakupan (Scope) yang Sangat Terbatas. Blog niche memiliki cakupan yang sangat terbatas. Hal ini memungkinkan blog tersebut dapat masuk dengan mudah ke dalam pembahasan yang sangat mendalam atas topik tertentu dan menjadi blog dominan atas topik tersebut.
3. Materi yang Unik. Blog niche bisa saja dibuat dengan menggunakan agregasi berbasis feed melalui search engine atau blog lainnya, yang penting bagi pengunjung, blog tersebut memiliki nilai jangka panjang jika menawarkan isi/konten yang unik dan tidak ada di website lainnya.
4. Template Blog yang �Monetization-Friendly�. Prinsipnya anda membutuhkan template blog yang unik, mudah di-kustomisasi dan cukup fleksibel untuk mengakomodasi monetisasi penuh.
5. Memiliki audien. Yang terpenting adalah memilih niche yang mempunyai audien, tidak masalah walaupun sedikit. Idealnya niche tersebut secara jangka panjang harus memiliki pengunjung yang secara alamiah berasal dari search engine.


Mungkin cukup sekian saja artikel mengenai  Niche Blog | Apa itu Niche ? , Semoga Bermanfaat

Referensi : 
  • Kang Rohman
  • Private Campus