Monday, February 13, 2012

Caligynephobia atau Venustraphobia: Takut Pada Wanita Cantik

Caligynephobia atau Venustraphobia: Takut pada Wanita Cantik. Banyak sekali jenis-jenis Fobia yang bagi beberapa orang tidak masuk akal, terlalu mengada-ada, lucu dan bahkan konyol. Salah satunya adalah fobia terhadap wanita cantik. Para ahli menyebutnya sebagai Caligynephobia atau Venustraphobia.


Caligynephobia atau Venustraphobia
Caligynephobia atau Venustraphobia adalah rasa takut yang berlebihan dan tidak rasional terhadap wanita cantik. Seperti ketakutan atau fobia lainnya, caligynephobia diciptakan oleh pikiran bawah sadar sebagai mekanisme perlindungan. Biasanya penyebabnya adalah kejadian atau pengalaman buruk di masa lalu yang berkaitan dengan wanita yang menyebabkan trauma psikologis pada penderitanya. Penyebab yang paling sering adalah pernah disakiti dan dilecehkan oleh wanita cantik di masa lalunya.

Mereka yang menderita venustraphobia atau biasanya takut dan sensitive terhadap perempuan, sehingga menghindari kontak fisik, berdekatan dan berada diantara wanita-wanita cantik. Ketika penderita venustraphobia berada diantara perempuan maka secara tidak wajar ia akan mulai mengeluarkan keringat dingin, tubuh gemetar, dan beberapa yang parah bisa mengalami sesak nafas. Waduh... O_o

Orang dengan caligynephobia akan menganggap wanita berparas cantik sebagai makhluk yang sangat berbahaya. Orang dengan kelainan ini akan sangat panik bila bertemu dengan wanita cantik.

Gejala Caligynephobia atau Venustraphobia:

- Sesak napas, napas menjadi cepat dan pendek
- Detak jantung tidak teratur
- Berkeringat dingin
- Mual
- Ketakutan secara menyeluruh

Meskipun gejala-gejala ini berbeda antara sesama penderita caligynephobia, tapi efeknya jelas akan membuat penderita tidak dapat berkonsentrasi dan kinerja menurun bila berada di dekat wanita cantik.

Parahnya, Fobia ini tidak hanya kambuh bila berhadapan langsung dengan wanita cantik, tapi juga bisa terjadi bila si penderita melihat wanita cantik di televisi, foto atau video.

Perawatan

Penderita fobia ini bisa disembuhkan. Beberapa metode perawatan antara lain dengan hipnoterapi, neuro-linguistic programming, hingga energy psychology.

gen22.net
10out of 10 based on 41630 ratings. 1 user reviews.