Sunday, September 12, 2010

Cara Koneksi VB NET Dengan Sql Server 2000


Koneksi VB NETBaiklah Artikel Tutorial Visual Basic Kali ini saya akan membahas Cara Koneksi VB NET Dengan Sql Server 2000 dimana pada tutorial sebelumnya saya telah membahasa cara koneksi laporan crystal report 8.5 dengan vb 6.0 dan juga cara koneksi vb dengan sql server 2000  dan Tutorial ini akan membahas tentang bagaimana cara menghubungkan aplikasi yang kita buat dengan menggunakan VB.net 2003 dan menggunakan SQL Server 2000 databasenya.Dengan menghubungkan kedua software tersebut, kita dapat menampilkan data, baik secara keseluruhan maupun sebagian. Hal ini tentunya akan mempermudah kita ketika kita akan membuka data yang terdapat didatabase


Caranya mudah, berikut adalah langkah-langkahnya :
Connection String

Pertama-tama buatlah sebuah file dengan ekstention .udl. File ini berguna untuk mendapatkan connection string yang namanya akan kita gunakan.
Contoh file :
udl 

Data Link Properties

Setelah itu double-klik file tersebut sampai muncul Data Link Properties. Kemudian pada tab Provider [ OLE DB Provider(s) ] pilihlah Microsoft OLE DB Provider for SQL Server. Pada tab selanjutnya ( Connection ). Masukkan Server Name (1) dengan menggunakan . atau dapat Anda masukkan dengan menggunakan nama server yang terdapat di SQL pada computer Anda. Setelah itu pada Enter Information to Log On the Server (2) pilih Use Windows NT Integrated Security. Terakhir (3) pilihlah database yang Anda inginkan dan kemudian lakukan pengecekan pada Test Connection untuk memastikan bahwa koneksi kedatabase sudah benar.
Contoh gambar :
DLP  

Sekarang yang kita butuhkan adalah Connection String yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi kedatabase yang telah dibuat. Cara mendapatkannya dengan membuka file menggunakan notepad, wordpad, atau sejenisnya sampai Anda mendapatkan :

�Provider=SQLOLEDB.1;Integrated Security=SSPI;Persist Security Info=False;Initial Catalog=Finimas Information System;Data Source=.�

open

Gambar 1.3. Membuka Unit Data Link dengan Notepad


Setelah mendapatkan connection stringnya, maka Anda tinggal meng-copy paste Connection String tersebut kedalam Aplikasi yang akan dibuat.
Berikut contoh syntax yang dimasukkan kedalam form1_load

Dim con As New OleDbConnection
Dim ds As New DataSet
Dim data As OleDbDataAdapter

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
con = New OleDbConnection("Provider=SQLOLEDB.1;Integrated Security=SSPI;Persist Security Info=False;Initial Catalog=Finimas Information System;Data Source=.")
        con.Open()
        data = New OleDbDataAdapter("SELECT * FROM msPelanggan", con)
        data.Fill(ds, "member")
        DataGrid1.DataSource = ds
        DataGrid1.DataMember = "member"
End Sub


Untuk menggunakan OLE DB. Anda diharuskan untuk meng-import library OLE DB. Letakkanlah syntax ini dipaling atas.

Imports System.Data.OleDb

form koneksi vb net

Gambar 1.4. Hasil koneksi dari VB.net ke SQL server 2000


Info :
Tutorial ini juga dapat Anda gunakan di VB.net 2005.

 Saran Dan Kritik Anda Sangat Membantu Saya Dalam Menulis Artikel Selanjutnya Pada Blog Ini...