Saturday, January 28, 2012

Cara Mengatasi Sakit Gigi - Obat Tradisional Sakit Gigi

Cara Mengatasi Sakit Gigi - Obat Tradisional Sakit Gigi
Cara mengobati sakit gigi penting diketahui terutama bagi Anda yang sering merasakan rasa sakit di gigi. Sakit gigi memang tak bisa dilukiskan dengan lisan, sebab seluruh badan merasakan sakit. Ada yang bilang, sakit gigi lebih mengerikan dan menyiksa dibanding sakit hati. Benarkah demikian?


Sakit Gigi Berlubang
Sekitar tahun 1700-an seorang pakar dari Universitas Berlin, Willoughby Miller, menemukan bahwa gigi berlubang  disebabkan karena pertemuan antara bakteri di gigi dengan gula yang banyak terkandung dalam makanan yang dimakan. Secara kimiawi, bakteri tersebut akan mengubah gula sisa makanan menjadi asam dan bisa merusak gigi. Asam tersebut bisa merusak karena di sekitar gigi selalu dalam keadaan basa. Asam tersebut bisa membuat lubang kecil di gigi dan pada email gigi.
Lubang kecil yang ada pada email gigi, belum menimbulkan rasa sakit. Namun, lubang kecil di email akan menjadi celah masuknya sisa makanan dan keberadaan bakteri, yang bisa membuat lubang kecil itu menjadi semakin besar dan akhirnya melubangi dentin.
Seiring makin lebar lubang gigi akan mengakibatkan rasa ngilu saat mengunyah makanan. Jika dibiarkan, sisa makanan akan merusak lubang saraf dan mulai mengganggu, karena rasa sakit sudah mulai dirasakan. Proses demikian akan terus berlanjut sampai akhirnya gigi tak tersisa lagi (habis) dan hanya tersisa akar giginya saja.


Cara Mengatasi Sakit Gigi - Obat Tradisional Sakit Gigi


Cara Pengobatan
Ada banyak cara megobati sakit gigi. Ada yang bersifat medis atau tradisional (alami). Keduanya bisa Anda tempuh bila sakit gigi Anda belum juga sembuh. Bila menggunakan cara medis, bisa disuntik, memakai obat-obatan di warung atau apotik sesuai dengan resep dokter, sampai dicabut. Apabila sudah dianggap parah dan supaya tidak menyebar, pencabutan gigi menjadi jalan satu-satunya yang harus ditempuh.


Disamping cara medis diatas, ada cara-cara tradisional yang dianggap lebih mujarab dan murah meriah. Diantaranya sebagai berikut:
  • Lakukan pijatan dengan es balok. Caranya dengan menyiapkan es balok yang bisa dipegang. Pijat ke bagian gigi (dari luar) yang dirasa sakit. Secara perlahan rasa sakit di gigi Anda akan hilang.
  • Bawang putih. Potong halus satu siung bawang putih, yang kemudian dicampur garam. Setelah itu dikunyah di area yang dirasa sakit.
  • Gunakan jeruk nipis. Peras jeruk nipis, ambil sarinya dan oleskan secara bertahap sari jeruk nipis tersebut ke gigi yang sakit.


Itulah beberapa cara mengobati sakit gigi tradisonal, yang sudah dirasakan begitu ampuh dan mujarab. Cara pengobatan yang ampuh, juga murah.

Rating: 5