Sunday, March 11, 2012

Sistem Ekskresi Pada Hewan

Sistem Ekskresi Pada Hewan - Sebagai makhluk hidup, hewan juga mempunyai sistem ekskresi. Sistem ekskresi pada hewan bermacam-macam. Berikut akan dibahas sistem ekskresi hewan satu per satu.

1) Cacing pipih:
cacing pipih mempunyai alat ekskresi yaitu sel api yang dilengkapi dengan silia.

Mekanismenya :

sel api yang dilengkapi ole silia itu bergetar yang menyebabkan cairan terdorong ke saluran pengumpul yang pada akhirnya bermuara di saluran pengeluaran.
ekskresi pada cacing pipih

Sistem Ekskresi pada Hewan


2) Cacing tanah :
cacing tanah memiliki alat ekskresi yaitu Nefridium, setiap nefridium memiliki corong yang terbuka dan bersilia yang disebut Nefrostom.

Mekanismenya :

Nefrostom yang terdapat di dalam rongga tubuh dan terisi penuh dengan cairan, cairan yang diambil oleh nefrostom tersebut kemudian masuk ke dalam nefridia, di dalam nefridia terjadi Reabsorpsi atau penyerapan kembali cairan yang masih bermanfaat. Cairan yang sudah tidak bermanfaat lagi akan di keluarkan melalui Nefridiofor.
ekskresi pada cacing tanah

Sistem Ekskresi pada Hewan


3) Insekta :
Insekta memiliki alat ekskresi Tubula atau Pembuluh Malpighi.

Mekanismenya :

Pembuluh Malpighi bagian dalam tersusun oleh selapis sel epitelyang berperan dalam pemindahan urea, limbah nitrogen dan air dari hemolimfa ke dalam rongga pembuluh.Bahan" yang penting danair masuk kedalam pembluh lalu diserap kembali oleh rektum secara osmosis untuk diedarkanke seluruh tubuh melalui hemolimfa, sebaliknya bahan yang mengandung nitrogen diendapkan sebagai kristal asam urat yang akan dikeluarkan melalui anus.
ekskresi pada belalang

Sistem Ekskresi pada Hewan


4) Ikan :
Ikan meamiliki sepasang ginjal yang memanjang {opistonefros) dan berwarna kemerah-merahan.

Mekanismenya :

Ikan Ikan mengekskresikan amonia dan aktif menyerap oksigen melalui insang serta mengeluarkan urin dalam jumlah yang besar melaui kloaka atau parus urogenitalis dan karbondioksida dikeluarkan melalui insang pada ikan yang hidup di air tawar megekskresikan aminia dan aktif menyerap oksigen melalui insang serta menghancurkan urin.
Sedangkan ikan yang hidup di air laut akan mengekskresikan amonia melalui urin yang jumlahnya sedikit.
ekskresi pada ikan

Sistem Ekskresi pada Hewan

5) Katak :
Sepasang Ginjal (opistonefros) yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang yang merupakan alat ekskresi katak.

Mekanismenya :

Ginjal sebagai alat penyaring akan mengeluarkan zat sisa yaitu garam-garam mineral dan cairan dari darah. Saluran ekskresi katak merupakan sepasang saluran yang akan bermuara di kloaka pada katak jantan, saluran ginjal dan saluran kelaminya menyatu.
ekskresi pada katak

Sistem Ekskresi pada Hewan

6) Aves :
alat ekskresi pada katak yaitu : sepasang ginjal atau metanefros.

Mekanismenya :

Burung tidak mempunyai vesika urinaria sehingga sisa metaabolisme di ekskresikan langsung dari ginjal ke kloaka melalui ureter. Burung mengekskresikan asam urat berbentuk kristal putih bercampur feses. Burung laut jugamengekskresikan garam.
sistem akskresi pada burung
rating 5