Saturday, February 18, 2012

Fungsi UPS | Uninterruptible Power Supply

Fungsi UPS | Uninterruptible Power Supply - Kebanyakan pengguna laptop sering menggunakan AC power saat baterai terpasang. Faktanya, hal ini akan mengurangi kualitas baterai terlebih jika mereka lupa memutuskan aliran listrik dari adaptor saat baterai sudah terisi penuh.
Fungsi UPS | Uninterruptible Power Supply
Untuk menjaga kualitas baterai tetap baik, sebaiknya tidak perlu memasangnya jika Anda berada di kantor atau rumah dan menghubungkan laptop ke adaptor. Namun resikonya akan sangat fatal jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik dan laptop Anda mati secara paksa.

Lalu apa hubungannya dengan UPS (Uninterruptible Power Supply)? Alat ini biasa digunakan untuk mengamankan pasokan listrik terutama jika terjadi gangguan, seperti daya yang tidak stabil maupun pemadaman listrik oleh PLN.

Putusnya aliran listrik secara tiba-tiba bisa menimbulkan kerusakan pada hardware komputer. Ini sangat berbahaya karena nantinya dapat mengganggu kinerja komputer atau laptop saat pemakaian selanjutnya. Terlebih jika hardware-hardware tersebut merupakan produk keluaran terbaru dengan harga selangit.

Jika memakai UPS, Anda tidak perlu khawatir hal yang tidak diinginkan itu terjadi, karena pada prinsipnya, UPS memiliki baterai yang dapat mendukung tenaga pada komputer selama beberapa saat.

Dengan begitu, Anda akan mempunyai cukup waktu untuk menyimpan file atau dokumen yang sedang dikerjakan, dan menonaktifkan komputer secara normal melalui program shut down.

Selain itu, UPS secara otomatis dapat melakukan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahan pada input, sehingga output yang digunakan oleh sistem komputer berupa tegangan yang stabil.

Apakah laptop membutuhkan UPS? Jawabannya tergantung cara Anda memakai komputer portabel ini. Sesungguhnya, penggunaan baterai sangat bermanfaat karena jika terjadi mati listrik, pasokan daya di laptop tidak akan terganggu.

Namun jika Anda berniat untuk memperpanjang umur baterai agar tidak cepat bocor, penggunaan UPS sangat dianjurkan. Terkait dengan harga UPS yang cukup mahal, yang harus Anda lakukan adalah membandingkan pengeluaran jika membeli UPS dengan membeli baterai baru.

Bagi Anda pengguna komputer desktop atau PC, UPS mungkin saja menjadi alat yang wajib dimiliki. Jika komputer Anda terhubung dengan arus listrik yang kurang stabil atau sering terjadi pemadaman, alat ini wajib Anda beli.

Harga UPS dengan kualitas baik memang mengharuskan Anda merogoh kocek cukup dalam. Alat ini juga tidak nyaman untuk dibawa-bawa sehingga tidak sejalan dengan fungsi laptop yang portabel.



[ http://ndyteens.blogspot.com/2012/02/fungsi-ups-uninterruptible-power-supply.html ]


rating 5