Tuesday, January 17, 2012

Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Tubuh dan Kecantikan

Manfaat madu untuk kesehatanManfaat dan Khasiat Madu Bagi Tubuh dan Kecantikan - Madu telah digunakan oleh manusia sejak 2.500 tahun  yang lalu. Banyaknya  manfaat  madu bagi kesehatan telah membuat madu menjadi salah satu aspek penting dari obat-obatan tradisional. Selain itu, para ilmuwan juga meneliti manfaat madu dalam dalam bidang ilmu  kedokteran modern, terutama dalam penyembuhan luka.

Madu merupakan minuman alami yang sangat dikenal di seluruh dunia. Orang jerman menyebut madu dengan kata Honig, Miele dalam bahasa Italia, Shahad dalam bahasa Hindi, Miel dalam bahasa Prancis, Miel dalam bahasa Spanyol, Mel dalam bahasa Portugis, ??? dalam bahasa Rusia, Mengasah dalam bahasa Belanda, dan �e?? dalam bahasa Yunani, hampir tak ada wilayah  di dunia ini yang tidak mengenal madu.
Tidak heran jika madu ini sangat populer di dunia. Masyarakat kita saja sudah secara turun temurun mempercayai madu sebagai obat 1001 macam penyakit. Ketika seseorang terkena penyakit, maka mereka memberinya madu sebagai obat. Nah, sebenar apa saja sih manfaat madu? Berikut saya coba sarikan dari organicfacts.net

Madu Sebagai Sumber Energi

Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi. Selain itu madu juga mengandung karbohidra yang selanjutnya  dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif.

Madu Membatu dalam Menurunkan Berat Badan

Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh kita. Dan jika lemak sudah dicerna otomatis lemak dalam tubuh kita akan berkurang dan berat badan kita akan turu.

Meningkatkan Kemampuan Atletik

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu adalah bantuan yang sangat baik dan membantu ergogenic dalam meningkatkan kinerja atlet. Madu  menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan glikogen otot setelah latihan.

Madu Sebagai Sumber Vitamin dan Mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral . Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas madu  tergantung pada jenis bunga yang produksi oleh  lebah. Umumnya, madu mengandung Vitamin C , Kalsium dan Zat Besi .

Madu Sebagai Antibakteri dan antijamur

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur dan karenanya dapat digunakan sebagai antiseptik alami.

Madu Sebagai Antioksidan

Madu mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Dengan demikian  kekebalan tubuh kita meningkat.

Madu Bermanfaat Dalam Perawatan Kulit

Susu dan madu sering disajikan bersama-sama sebagai bahan  perawatan  kulit halus. Oleh karenanya banyak orang  mengkonsumsi susu dan madu setiap hari.
Sekarang  Anda sudah  tahu beberapa manfaat madu untuk kesehatan, Anda bisa mengkonsumsinya secara mentah, atau mengkonsumsi dengan makanan lainnya seperti susu dan telur. Yang pasti anda tidak perlu takut untuk menkonsumsinya, karena meskipun madu merupakan obat, tapi obat yang ini berbeda dengan obat obatan lainnya yang biasanya mempunyai rasa pahit. Selamat mengkonsumsi madu ya�!!!


Rating: 5